Langsung ke konten utama

Contoh Paragraf Eksposisi Dan Paragraf Argumentasi


1. Pengertian Paragraf Eksposisi
   Paragraf eksposisi adalah paragraf atau karangan yang mengandung sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada para pembacanya.Paragraf eksposisi sangat baik untuk dibaca karena bisa memperluas wawasan para pembacanya. Ciri ciri dari paragraf eksposisi,yaitu:
1. Paragraf eksposisi memberikan atau menyajikan sebuah informasi kepada pembacanya.
2. Informasi yang ada di dalam paragraf eksposisi disampaikan dengan lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
3. Paragraf eksposisi tidak menyudutkan atau memihak suatu kelompok. Dengan kata lain, paragraf ini bersifat  netral.

Contoh Paragraf Eksposisi
  Daur Ulang Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos
   Kompos merupakan salah satu pupuk organik buatan manusia yang dibuat dari proses pembusukan sisa-sisa bahan organik. Sampah organik merupakan sampah yang bisa mengalami pelapukan dan berubah menjadi  bahan yang lebih kecil.Bahan dasar dari pupuk kompos,yaitu sisa hasil pertanian,rumput, dedaunan,dan sayuran.
   Di Indonesia pendaurulangan sampah masih sangat rendah yakni dibawah 50%.Jumlah produksi sampah di Indonesia mencapai 175.000 ton pertahun sehingga di negara kita ini masih mudah dijumpai sampah berserakan.Sampah yang paling banyak dijumpai yaitu sampah organik,dari banyaknya sampah organik yang dihasilkan berpotensi untuk mengubah sampah tersebut menjadi pupuk kompos.
  Langkah-langkah pembuatan pupuk kompos,yaitu:
Siapkan bahan-bahan seperti sampah dedaunan,sayuran,sisa hasil pertanian ,sampah sisa hasil rumah tangga.Kemudian potong sampah organik menjadi bagian yang lebih kecil .
Setelah menjadi potongan yang lebih kecil campur dengan kotoran hewan (kambing atau sapi) dengan perbandingan 3:1 . 
Tambahkan setengah gelas atau sesuai bahan sampah tadi dengan larutan gula .
Selanjutnya tambahkan lagi pupuk dengan 10 ml bakteri em4.Aduk hingga lembab atau basah bahan pupuk kompos yang sudah dimasukkan dengan bahan-bahan .
Terakhir masukkan bahan pupuk kedalam wadah seperti bak atau plastik berukuran besar kemudian tutup rapat .
Pupuk kompos baru digunakan setelah difermentasi selama kurang lebih 2 sampai 3 bulan.
   Dengan adanya proses pengomposan sampah organik maka sampah di Indonesia akan berkurang serta sampah organik yang diolah menjadi pupuk kompos akan sangat berguna bagi pertanian sehingga kelestarian dan kebersihan akan tetap terjaga


2. Pengertian Paragraf Argumentasi
   Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk menyakitkan, atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis.
   Agar tujuan tersebut dapat tercapai, paragraf ini harus disertai dengan fakta-fakta aktual seperti data, hasil research,teori ahli, contoh, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat-pendapat yang dijabarkan dalam paragraf tersebut, sehingga pendapat Anda tidaklah sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin dan sependapat dengan pemikiran Anda.

Contoh  Paragraf Argumentasi
SMAN 1 Kabanjahe Sekolah Terbaik Di Kabupaten Karo 
   Sekolah SMAN 1 Kabanjahe merupakan  salah satu sekolah yang terbaik di Kabupaten Karo.Hal ini dikarenakan sekolah ini banyak melahirkan  siswa yang berprestasi. Sekolah ini menjadi sekolah yang terbaik dibuktikan dengan banyaknya siswa yang lulus dari sekolah ini masuk keperguruan tinggi negeri.Tidak hanya itu saja banyak perlombaan olimpiade yang dimenangkan oleh sekolah ini.
  Pada tahun 2015 SMAN 1 Kabanjahe meraih penghargaan sebagai sekolah berintegritas se-Indonesia dalam menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dengan nilai tertinggi 98,05. Prestasi demi prestasi yang cukup membanggakan tidak luput dari usaha para siswa dan kerja keras dewan guru yang berusaha untuk mendidik siswa dengan baik.

Komentar

  1. Sangat membantu
    Hanya saja penulis kurang mebahas secara luas mengenai paragraf tersebut, hanya terfokus pada pengertian dan contoh saja
    Alangkah baiknya jikalau penulis membuat langkah langkah untuk membuat paragaf tersebut

    BalasHapus
  2. Terus berkaya ya
    Klo bisa penulis membahas mengenai paragraf lebih luas, contohnya di tambah, dan penulis bisa memperhatikan tanda titik dan komanya jangan di satuin dengan huruf

    BalasHapus
  3. Sangat bagus
    Tetapi judulnya tolong dibuat
    Karena dari judul kita tahu jenis tulisan tersebut

    BalasHapus
  4. Sangat membantu dan menambah wawasan pembaca.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Feature Sejarah : Tradisi Erlau-Lau/Ndilo Wari Udan (Memanggil Hujan) Dalam Suku Karo

Contoh Feature Sejarah Tradisi Erlau-Lau/Ndilo Wari Udan (Memanggil Hujan) Dalam Suku Karo "Dirr Ko Wari" begitu teriakan warga biasanya sembari memercikkan air kepada siapa saja disekitarnya. Kalimat dalam bahasa Karo itu bisa diartikan sepintas, deraslah hujan menghiasi hari. Tradisi erlau-lau (lau dalam bahasa Karo bermakna Air) merupakan bagian dari ritual budaya untuk memanggil hujan. Ekspresi pengharapan masyarakat Karo pada Sang Maha Memberi agar mereka mendapatkan curahan hujan ditengah kemarau yang panjang. Tradisi Erlau-Lau/Ndilo Wari Udan ini berasal dari desa Ajinembah,Tradisi ini berawal dari sepasang suami istri yang berasal dari desa Barus pindah ke desa Ajinembah. Di daerah dataran tinggi yang mengandalkan pertanian sebagai pencaharian berharap banyak pada hujan. Namun ketika itu kemarau panjang datang. Hujan tak kunjung datang dan banyak tanaman masyarakat kampung gagal panen. Sehingga masyarakat di kumpulkan oleh penghulu kampung di jambur.   Gu

Contoh Paragraf Persuasif

Bahaya Mengkosumsi Makanan Siap Saji (Fast Food)     Makanan siap saji merupakan jenis makanan yang dikenal, mudah disajikan,praktis,atau olahan dengan cara sederhana. Makanan siap saji ini biasanya berupa lauk pauk dalam kemasan,mie instan, dan lain-lain. Tapi tahukah kalian dampak negatif dari makanan siap saji ini?  Banyak masyarakat yang tidak tahu bahaya apa yang ditimbulkan dari makanan siap saji,salah satu penyakit yang ditimbulkan dari makanan siap saji ini adalah penyakit jantung.    Penyakit jantung yang ditimbulkan akibat makanan siap saji ini karena makanan ini banyak mengandung lemak jenuh.Lemak tersebut dapat menyumbat pembuluh arteri,yang mengakibatkan kolestrol menjadi tinggi. Sehingga orang yang mengkosumsi makanan cepat saji empat kali dalam seminggu 80% beresiko mengalami kematian akibat penyakit jantung.Oleh karena itu untuk menghindari penyakit jantung akibat makanan siap saji,harus mengurangi atau tidak lagi mengkosumsi makanan siap saji.Untuk asupan penyei